Nubuatan, Alkitab dan Yesus
(Prophecy, the Bible and Jesus)
CHRISTIAN APOLOGETICS & RESEARCH MINISTRY
www.carm.org
 
Bagaimanakah caranya merespon mereka yang mengklaim bahwa Alkitab bukulah tulisan yang diinspirasikan oleh Allah? Adakah cara untuk membuktikan inspirasi Allah atau, setidaknya, menunjukkan secara baik bukti-bukti dari adanya inspirasi dari Allah? Jawabannya adalah "Ya!" Salah satu cara terbaik untuk membuktikan bahwa Alkitab memang diinspirasikan oleh Allah adalah dengan memperlajari nubuat. Ada banyak buku-buku keagamaan di dunia ini yang memuat banyak hal-hal yang baik. Tetapi hanya Alkitab yang menggenapi nubuatan- nubuatannya -- dengan banyak lagi nubuatan yang akan dipenuhi di masa yang akan datang. Alkitab dari dulu belum pernah keliru, dan tidak akan keliru juga di masa yang akan datang. Alkitab mengklaim bahwa ia diinspirasikan oleh Allah (2 Timotius 3:16). Karena Allah adalah pencipta dari segala sesuatu (Yesaya 44:24), maka Ia juga Pencipta waktu. Waktu ada di bawah kendali Dia. Hanya Allah, yang dapat mengetahui secara benar dan pasti apa yang akan terjadi di masa yang akan datang, masa depan kita.

Tergenapinya nubuat-nubuat menunjukkan secara sangat baik bahwa Alkitab memang ditulis oleh Allah sendiri sebab ketika anda mengerti berapa besar peluang matematis bagi tergenapinya sebuah nubuat, anda akan segera bisa melihat adanya desain, tujuan, dan sebuah tangan yang menuntun di balik penulisan Alkitab. Kalau saja ada satu nubuat yang gagal digenapi, maka kita akan tahu bahwa Allah bukanlah Allah yang benar, sebab pencipta segalanya, termasuk waktu, tidak mungkin bisa keliru dalam meramalkan masa depan. Ulangan 18:22 mengatakan, "apabila seorang nabi berkata demi nama TUHAN dan perkataannya itu tidak terjadi dan tidak sampai, maka itulah perkataan yang tidak difirmankan TUHAN; dengan terlalu berani nabi itu telah mengatakannya, maka janganlah gentar kepadanya". Yesaya 46:9-10 mengatakan, "Ingatlah hal-hal yang dahulu dari sejak purbakala, bahwasanya Akulah Allah dan tidak ada yang lain, Akulah Allah dan tidak ada yang seperti Aku, yang memberitahukan dari mulanya hal yang kemudian dan dari zaman purbakala apa yang belum terlaksana, yang berkata: Keputusan-Ku akan sampai, dan segala kehendak-Ku akan Kulaksanakan,"
Salah satu pendekatan untuk berbicara dengan orang yang belum percaya adalah dengan membuka Mazmur 22 dan membacakan ayat-ayat 12 hingga 18. Ini adalah penjelasan mendetil tentang penyaliban--1000 tahun sebelum Yesus dilahirkan. Setelah anda membacakan bagian ini tanyakan padanya pendapatnya tentang bagian ini. Ia pasti akan berkata, "Penyaliban Yesus." Jawablah dengan, "Anda benar. Bagian ini memang mengenai penyaliban. Tetapi ini ditulis 1000 tahun sebelum Yesus dilahirkan. Lagipula, teknik penghukuman dengan penyaliban belumlah ditemukan oleh kebudayaan mana pun. Menurut anda bagaimanakah hal seperti ini bisa terjadi?" Setelah diskusi singkat, anda dapat menunjukkan padanya beberapa nubuatan lainnya seperti nubuatan tentan tempat kelahiran Yesus (Mikha 5:2), bahwa Ia akan dilahirkan oleh seorang perawan (Yesaya 7:14), bahwa lambung-Nya akan ditusuk (Zakaria 10:10) dll.
Keturunan seorang wanita
Kejadian 3:15, "Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya." Matius 1:20, "Tetapi ketika ia mempertimbangkan maksud itu, malaikat Tuhan nampak kepadanya dalam mimpi dan berkata: "Yusuf, anak Daud, janganlah engkau takut mengambil Maria sebagai isterimu, sebab anak yang di dalam kandungannya adalah dari Roh Kudus."
Lahir dari seorang perawan

Yesaya 7:14, "Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu pertanda: Sesungguhnya, seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan Dia Imanuel"

Catatan:
Frasa "perempuan muda" dalam Alkitab Bahasa Indoneisa berasal dari bahasa Ibrani: 'almâh yang artinya: gadis perawan. Matius 1:18,25, "Kelahiran Yesus Kristus adalah seperti berikut: Pada waktu Maria, ibu-Nya, bertunangan dengan Yusuf, ternyata ia mengandung dari Roh Kudus, sebelum mereka hidup sebagai suami isteri.... tetapi tidak bersetubuh dengan dia sampai ia melahirkan anaknya laki-laki dan Yusuf menamakan Dia Yesus."
Anak Allah

Mazmur 2:7, "Aku mau menceritakan tentang ketetapan TUHAN; Ia berkata kepadaku: "Anak-Ku engkau! Engkau telah Kuperanakkan pada hari ini." Matius 3:17, "lalu terdengarlah suara dari sorga yang mengatakan: 'Inilah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan.'"

Keturunan Abraham
Kejadian 22:18, "Oleh keturunanmulah semua bangsa di bumi akan mendapat berkat, karena engkau mendengarkan firman-Ku." Matius 1:1, "Inilah silsilah Yesus Kristus, anak Daud, anak Abraham."
Keturunan Ishak
Kejadian 21:12, "Tetapi Allah berfirman kepada Abraham: 'Janganlah sebal hatimu karena hal anak dan budakmu itu; dalam segala yang dikatakan Sara kepadamu, haruslah engkau mendengarkannya, sebab yang akan disebut keturunanmu ialah yang berasal dari Ishak.'" Lukas 3:23-34, "Ketika Yesus memulai pekerjaan-Nya, Ia berumur kira-kira tiga puluh tahun dan menurut anggapan orang, Ia adalah anak Yusuf, anak Eli...anak Yakub, anak Ishak, anak Abraham, anak Terah, anak Nahor,"

Keturunan Daud
Yeremia 23:5, "Sesungguhnya, waktunya akan datang, demikianlah firman TUHAN, bahwa Aku akan menumbuhkan Tunas adil bagi Daud. Ia akan memerintah sebagai raja yang bijaksana dan akan melakukan keadilan dan kebenaran di negeri." Lukas 3:23-31, "Ketika Yesus memulai pekerjaan-Nya, Ia berumur kira-kira tiga puluh tahun dan menurut anggapan orang, Ia adalah anak Yusuf, anak Eli...anak Matata, anak Natan, anak Daud,"
Lahir di Bethlehem
Mikha 5:2 "Tetapi engkau, hai Betlehem Efrata, hai yang terkecil di antara kaum-kaum Yehuda, dari padamu akan bangkit bagi-Ku seorang yang akan memerintah Israel, yang permulaannya sudah sejak purbakala, sejak dahulu kala." Matius 2:1, "Sesudah Yesus dilahirkan di Betlehem di tanah Yudea pada zaman raja Herodes, datanglah orang-orang majus dari Timur ke Yerusalem."

Ia akan menjadi seorang Nabi
Ulangan 18:18, "seorang nabi akan Kubangkitkan bagi mereka dari antara saudara mereka, seperti engkau ini; Aku akan menaruh firman-Ku dalam mulutnya, dan ia akan mengatakan kepada mereka segala yang Kuperintahkan kepadanya" Matius 21:11,"Dan orang banyak itu menyahut: 'Inilah nabi Yesus dari Nazaret di Galilea.'"

Ia akan menjadi seorang Imam

Mazmur 110:4, "TUHAN telah bersumpah, dan Ia tidak akan menyesal: 'Engkau adalah imam untuk selama-lamanya, menurut Melkisedek.'" Ibrani 3:1, "Sebab itu, hai saudara-saudara yang kudus, yang mendapat bagian dalam panggilan sorgawi, pandanglah kepada Rasul dan Imam Besar yang kita akui, yaitu Yesus,"
Ibrani 5:5-6, "Demikian pula Kristus tidak memuliakan diri-Nya sendiri dengan menjadi Imam Besar, tetapi dimuliakan oleh Dia yang berfirman kepada-Nya: "Anak-Ku Engkau! Engkau telah Kuperanakkan pada hari ini", sebagaimana firman-Nya dalam suatu nas lain: 'Engkau adalah Imam untuk selama-lamanya, menurut peraturan Melkisedek.'"

Ia akan menjadi seorang Raja
Mazmur 2:6, "Akulah yang telah melantik raja-Ku di Sion, gunung-Ku yang kudus!" Matius 27:37, "Dan di atas kepala-Nya terpasang tulisan yang menyebut alasan mengapa Ia dihukum: "Inilah Yesus Raja orang Yahudi.""

Ia akan menjadi hakim
Yesaya 33:22, "Sebab TUHAN ialah Hakim kita, TUHAN ialah yang memberi hukum bagi kita; TUHAN ialah Raja kita, Dia akan menyelamatkan kita" Yohanes 5:30, "Aku tidak dapat berbuat apa-apa dari diri-Ku sendiri; Aku menghakimi sesuai dengan apa yang Aku dengar, dan penghakiman-Ku adil, sebab Aku tidak menuruti kehendak-Ku sendiri, melainkan kehendak Dia yang mengutus Aku."

Ia akan didahului oleh seorang pembawa pesan
Yesaya 40:3, "Ada suara yang berseru-seru: "Persiapkanlah di padang gurun jalan untuk TUHAN, luruskanlah di padang belantara jalan raya bagi Allah kita!'" Matius 3:1-2, "Pada waktu itu tampillah Yohanes Pembaptis di padang gurun Yudea dan memberitakan: 'Bertobatlah, sebab Kerajaan Sorga sudah dekat!'"

Ditolak oleh masyarakatnya sendiri

Yesaya 53:3, "Ia dihina dan dihindari orang, seorang yang penuh kesengsaraan dan yang biasa menderita kesakitan; ia sangat dihina, sehingga orang menutup mukanya terhadap dia dan bagi kitapun dia tidak masuk hitungan." Yohanes 7:5, "Sebab saudara-saudara-Nya sendiripun tidak percaya kepada-Nya."
Yohanes 7:48, "Adakah seorang di antara pemimpin-pemimpin yang percaya kepada-Nya, atau seorang di antara orang-orang Farisi?"

Lambung-Nya akan ditusuk
Zakaria 12:10, "Aku akan mencurahkan roh pengasihan dan roh permohonan atas keluarga Daud dan atas penduduk Yerusalem, dan mereka akan memandang kepada dia yang telah mereka tikam, dan akan meratapi dia seperti orang meratapi anak tunggal, dan akan menangisi dia dengan pedih seperti orang menangisi anak sulung." Yohanes 19:34, "tetapi seorang dari antara prajurit itu menikam lambung-Nya dengan tombak, dan segera mengalir keluar darah dan air."

Penyaliban
Mazmur 22:1, Mazmur 22:11-18, "Untuk pemimpin biduan. Menurut lagu: Rusa di kala fajar. Mazmur Daud. Allahku, Allahku, mengapa Engkau meninggalkan aku?...Janganlah jauh dari padaku, sebab kesusahan telah dekat, dan tidak ada yang menolong. Banyak lembu jantan mengerumuni aku; banteng-banteng dari Basan mengepung aku; Sebab anjing-anjing mengerumuni aku, gerombolan penjahat mengepung aku, mereka menusuk tangan dan kakiku. Segala tulangku dapat kuhitung; mereka menonton, mereka memandangi aku. Mereka membagi-bagi pakaianku di antara mereka, dan mereka membuang undi atas jubahku." Lukas 23:33, "Ketika mereka sampai di tempat yang bernama Tengkorak, mereka menyalibkan Yesus di situ dan juga kedua orang penjahat itu, yang seorang di sebelah kanan-Nya dan yang lain di sebelah kiri-Nya."
Yohanes 19:33, "tetapi ketika mereka sampai kepada Yesus dan melihat bahwa Ia telah mati, mereka tidak mematahkan kaki-Nya,"
Yohanes 19:23-24, "Sesudah prajurit-prajurit itu menyalibkan Yesus, mereka mengambil pakaian-Nya lalu membaginya menjadi empat bagian untuk tiap-tiap prajurit satu bagian--dan jubah-Nya juga mereka ambil. Jubah itu tidak berjahit, dari atas ke bawah hanya satu tenunan saja. Karena itu mereka berkata seorang kepada yang lain: "Janganlah kita membaginya menjadi beberapa potong, tetapi baiklah kita membuang undi untuk menentukan siapa yang mendapatnya." Demikianlah hendaknya supaya genaplah yang ada tertulis dalam Kitab Suci: "Mereka membagi-bagi pakaian-Ku di antara mereka dan mereka membuang undi atas jubah-Ku." Hal itu telah dilakukan prajurit-prajurit itu"

Peluang Matematis Yesus memenuhi semua nubuat tentang-Nya
"Probabilitas berikut ini diambil dari Peter Stoner dalam Science Speaks (Moody Press, 1963) untuk menunjukkan bahwa unsur kebetulan dalam penggenapan nubuat telah dihapuskan oleh ilmu probabilitas (ilmu tentang peluang). Stoner mengatakan ketika kita dengan menggunakan ilmu probabilitas modern mengukur peluang penggenapan delapan nubuatan saja, ‘kita akan menemukan bahwa peluang siapa pun yang hidup sampai pada masa kini dan memenuhi seluruh nubuatan adalah 1 banding 1017. Sama dengan 1 banding 100,000,000,000,000,000. Untuk membantu kita mengerti probabilitas yang mengejutkan ini, Stoner mengilustrasikan dengan mengumpamakan “Jika kita mengambil 1017 dollar koin perak dan meletakkannya di permukaan negara bagian Texas. Ini akan menutupi seluruh negara bagian tersebut sampai sedalam 2 kaki (kurang lebih 2/3 meter). Lalu tandailah salah satu koin perak, letakkan kembali ke lautan koin itu lalu aduk-aduk secara merata lautan koin tersebut. Tutup mata seseorang dan katakan padanya bahwa dia dapat berjalan sejauh yang ia mau, tapi dia boleh memungut satu koin saja, dan koin tersebut haruslah merupakan koin yang telah ditandai tersebut. Berapa besar peluang yang ia punyai untuk mendapatkan koin yang benar? Sama seperti peluang yang para nabi punyai jika menuliskan delapan nubuatan dan berharap agar dapat digenapi semuanya.
Stoner mempertimbangkan 48 nubuatan dan mengatakan, “kami menemukan peluang siapapun yang akan memenuhi ke 48 nubuatan adalah 1 banding 10157 atau 1 banding

10,000,000,000,000,000,000,000,000,000,000,000,000,000,000,000,000,000,000,
000,000,000,000,000,000,000,000,000,000,000,000,000,000,000,000,000,000,000, 000, 000,000,000,000,000,000,000,000,000,000,000,000,000,000.

Estimasi jumlah electron yang ada di dalam alam semesta ini sekitar 1079. Cukup terbukti bahwa Yesus menggenapi seluruh nubuatan tidak secara kebetulan."

__________________
Informasi ini diambil dari buku Evidence that Demands a Verdict, oleh Josh McDowell.

CHRISTIAN APOLOGETICS AND RESEARCH MINISTRY
Home
© Matthew J. Slick, 2002