10 pembunuh yang membuat doa anda tidak punya kuasa ditahun 2008.

Tahun 2008 adalah tahun kebangkitan nasional dari gereja Indonesia. Bertepatan dengan momentum 100
Tahun Kebangkitan Nasional ( 1 Mei 1908-2008) dan 80 tahun Sumpah pemuda ( 1928-2008). Tahun 2008
bagi dunia adalah tahun Tikus, lambing tikus adalah kotor, licik, koruptor, pencuri makanan.Tapi bagi anak Tuhan. Tahun 2008 adalah Tahun kebangkitan dan Tahun kemenangan bagi anak-anak Tuhan di Indonesia. Karena kita diberi kesempatan memasuki 100 tahun Kebangkitan Nasional.

Sejarah adalah milik para pendoa syafaat. Para pendoa mempunyai kuasa dan otoritas dari Maha tinggi mengubah situasi yang tidak menentu menjadi situasi yang penuh harapan dan kemenangan.Bagi anak Tuhan ,tahun ini adalah tahun burung Rajawali. Rajawali lambang kebangkitan dan berani menghadapi badai.

10 pembunuh yang membuat doa anda tidak punya kuasa.

Pembunuh Doa #1: Dosa yang belum diakui.
Mazmur 66:18 Seandainya ada niat jahat dalam hatiku, tentulah Tuhan tidak mau mendengar.

Tuhan adalah sempuna dan tidak bisa kompromi dengan dosa.Jika kita kompromi dengan dosa membuat Tuhan jauh dari kita dan membuat doa kita tidak berkuasa. Kabar baik adalah jika kita mengaku dosa kita maka Tuhan akan mengampuni dosa kita.

Yeremia 31:34 :Dan tidak usah lagi orang mengajar sesamanya atau mengajar saudaranya dengan mengatakan: Kenallah TUHAN! Sebab mereka semua, besar kecil, akan mengenal Aku, demikianlah firman TUHAN, sebab Aku akan mengampuni kesalahan mereka dan tidak lagi mengingat dosa mereka."

1 Yohanes 1:9 Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.

Pembunuh Doa#2 : Kurangnya Iman
Tanpa iman , doa tidak ada kuasa. Bahkan Jesus tidak bisa melakukan mujizat karena orang Nazaret kurang beriman. (Markus 6:1-6)

Yakobus 1:5-8. Tetapi apabila di antara kamu ada yang kekurangan hikmat, hendaklah ia memintakannya kepada Allah, yang memberikan kepada semua orang dengan murah hati dan dengan tidak membangkit-bangkit,maka hal itu akan diberikan kepadanya.Hendaklah ia memintanya dalam iman, dan sama sekali jangan bimbang, sebab orang yang bimbang sama dengan gelombang laut, yang diombang-ambingkan kian ke mari oleh angin.Orang yang demikian janganlah mengira, bahwa ia akan menerima sesuatu dari Tuhan.Sebab orang yang mendua hati tidak akan tenang dalam hidupnya.

Jesus mengajarkan dalam Matius 21:22.
Dan apa saja yang kamu minta dalam doa dengan penuh kepercayaan, kamu akan menerimanya."

Pembunuh Doa#3: Tidak taat pada Tuhan
1 Yohanes 3:22-23
Dan apa saja yang kita minta, kita memperolehnya dari pada-Nya, karena kita menuruti segala perintah-Nya dan berbuat apa yang berkenan kepada-Nya.Dan inilah perintah-Nya itu: supaya kita percaya akan nama Yesus Kristus, Anak-Nya, dan supaya kita saling mengasihi sesuai dengan perintah yang diberikan Kristus kepada kita.

Tuhan akan menjawab doa kita karena kita taat pada perintahnya. Ketaatan harus menjadi dasar pertumbuhan dari iman kita pada Tuhan dan menjadi doa kita berkuasa.

Pembunuh Doa#4: Tidak ada transparansi dengan Tuhan dan sesama
Yakobus 5:16
Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh. Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya.

Kitab yakobus menyatakan kebenaran dari Tuhan.Jika kita mengaku dosa dengan sesama dan dimana dibutuhkan transpransi .Tuhan sanggup menyembuhkan kita.Hal yang paling sulit adalah kejujuran dalam pengakuan. Rasa ego menjadi batu penghalang. kita takut reputasi kita tercemar.Tetapi jika taat pada firman Tuhan.Itulah rahasia doa yang berkuasa.Jika kita saling mengaku dosa dan mendoakan.Maka Doa yang telah dibenarkan sangat besar kuasanya.Tuhan hadir jika dua atau tiga orang sepakat dan sehati berdoa.

Pembunuh Doa#5: Tidak mau mengampuni
Kita ingat petrus bertanya pada Tuhan Jesus tentang pengampunan
Matius 18:21-22.
Kemudian datanglah Petrus dan berkata kepada Yesus: "Tuhan, sampai berapa kali aku harus mengampuni saudaraku jika ia berbuat dosa terhadap aku? Sampai tujuh kali?" Yesus berkata kepadanya: "Bukan! Aku berkata kepadamu: Bukan sampai tujuh kali, melainkan sampai tujuh puluh kali tujuh kali.

Matius 6:14-15
Karena jikalau kamu mengampuni kesalahan orang, Bapamu yang di sorga akan mengampuni kamu juga.
Tetapi jikalau kamu tidak mengampuni orang, Bapamu juga tidak akan mengampuni kesalahanmu."

Ketika seseorang menolak mengampuni ada akar kepahitan didalam hatinya.Karena tidak mau mengampuni membuat dia terluka dan membuat semakin kepahitan.Dan seseorang tidak dapat berdoa dengan penuh kuasa ketika ada kepahitan.Karena Kuasa Roh kudus tidak bisa tinggal dan bekerja maksimal didalam hati yang penuh kebencian dan kepahitan.

Pembunuh Doa#6: Motivasi yang salah
Yakobus 4:3
Atau kamu berdoa juga, tetapi kamu tidak menerima apa-apa, karena kamu salah berdoa, sebab yang kamu minta itu hendak kamu habiskan untuk memuaskan hawa nafsumu.

Pembunuh Doa#7: Berhala dalam hidup kita
Banyak orang mengira berhala adalah menyembah patung2. Tetapi berhala bisa berwujud dalam berbagai bentuk: Uang ,Karir,anak kita, kesenangan atau hobi dan bahkan pelayanan kita. Sehingga mengangu hubungan kita dengan Tuhan. Berhala adalah Suatu sistem yang membuat kita terikat dan statusnya lebih tinggi dari Tuhan.

Yehezkiel14:3
"Hai anak manusia, orang-orang ini menjunjung berhala-berhala mereka dalam hatinya dan menempatkan di hadapan mereka batu sandungan, yang menjatuhkan mereka ke dalam kesalahan. Apakah Aku mau mereka meminta petunjuk dari pada-Ku?

Pembunuh Doa#8:Tidak menghargai/ menghormati dan mengasihi sesama
Mazmur 33:13-14 : TUHAN memandang dari sorga, Ia melihat semua anak manusia; dari tempat kediaman-Nya Ia menilik semua penduduk bumi.

Tuhan mengasihi semua manusia.Dan Tuhan menginginkan kita mengasihi sesama seperti dianya.
Kesatuan anak Tuhan sangat penting. Seperti : Saudara seiman , suami dan istri, Pendeta dan jemaatnya, orang tua dan anak. sehingga doa kita ada kuasa.

Yoh 13:34 : Aku memberikan perintah baru kepada kamu, yaitu supaya kamu saling mengasihi; sama seperti Aku telah mengasihi kamu demikian pula kamu harus saling mengasihi.

1 petrus 3:7 , Demikian juga kamu, hai suami-suami, hiduplah bijaksana dengan isterimu, sebagai kaum yang lebih lemah!

Hormatilah mereka sebagai teman pewaris dari kasih karunia, yaitu kehidupan, supaya doamu jangan terhalang.

1 Petrus 2 :13 Tunduklah, karena Allah, kepada semua lembaga manusia, baik kepada raja sebagai pemegang kekuasaan yang tertinggi

Salah satu manfaat dari doa adalah membantu kita untuk belajar mengasihi sesama manusia. Adalah mustahil bagi seseorang jika membenci atau mengkritis seseorang yang mereka doakan. Doa menghasilkan Compassion ( Belas kasihan) bukan Competition ( persaingan)
Pembunuh Doa#9:Tidak menghormati Kedaulatan Tuhan
Tuhan sudah mengenal kita sejak dalam rahim
Yeremia 1:5 "Sebelum Aku membentuk engkau dalam rahim ibumu, Aku telah mengenal engkau, dan sebelum engkau keluar dari kandungan, Aku telah menguduskan engkau,Aku telah menetapkan engkau menjadi nabi bagi bangsa-bangsa."

Ketika Jesus mengajar doa pada murid-muridnya. Dia mengajar untuk menghormati Tuhan.
“ Bapa kami yang di sorga, Dikuduskanlah nama-Mu,datanglah Kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga “ ( Matius 6:9-10). Sangat jelas pernyataan disini Tuhan adalah Maha Kuasa .Kita harus hormat pada otoritas Bapa disurga.Setiap saat kita tidak hormat pada kedaulatan Tuhan, maka kita doa kita tidak ada kuasa.

Pembunuh Doa#10 : Tidak berserah pada kehendak Tuhan
Suatu keuntungan jika kita menyerahkan kehendak kita pada Tuhan, Tuhan berjanji menjawab doa kita.

1 Petrus 3:12 , Sebab mata Tuhan tertuju kepada orang-orang benar, dan telinga-Nya kepada permohonan mereka yang minta tolong,tetapi wajah Tuhan menentang orang-orang yang berbuat jahat."

Kita harus tiap hari bertanya pada Tuhan apakah ada penghalang yang mengangu hubungan kita dengan Tuhan. seperti raja Daud dalam Mazmur 139:23-24 . Selidikilah aku, ya Allah, dan kenallah hatiku, ujilah aku dan kenallah pikiran-pikiranku;lihatlah, apakah jalanku serong, dan tuntunlah aku di jalan yang kekal!

Kita belajar dari raja Daud. Bagaimana dia mengatasi dosa perzinahannya.Dia seorang penzinah dan pembunuh suami dari Barsyeba. Dan dia merendahkan dirinya dihadapan Tuhan. dan berani mengaku dosanya.Dan membuat dia semakitn dekat dengan Tuhan dengan pengakuan dosanya.Daud adalah contoh yang baik untuk kita teladani.Ketika kita mengaku dosa kita maka Tuhan akan mengampuni dan menjawab doa kita.

Setiap orang berbeda dalam pergumulannya. dari 10 pembunuh doa yang berkuasa . Daftar mana yang menjadi penghalang doa kita dijawab Tuhan. Anda dapat memeriksa bagian mana yang menjadi pembunuh doa anda.

Pembunuh Doa#1: Dosa yang belum diakui.
Pembunuh Doa#2 : Kurangnya Iman
Pembunuh Doa#3: Tidak taat pada Tuhan
Pembunuh Doa#4: Tidak ada Transparansi dengan Tuhan dan sesama
Pembunuh Doa#5: Tidak mau mengampuni
Pembunuh Doa#6: Motivasi yang salah
Pembunuh Doa#7: Berhala dalam hidup kita
Pembunuh Doa#8:Tidak menghargai dan menghormati sesama
Pembunuh Doa#9:Tidak menghormati Kedaulatan Tuhan
Pembunuh Doa#10 : Tidak berserah pada kehendak Tuhan

Jika anda sudah memeriksa semua hal diatas dan sudah membereskan persoalan anda dengan sesama dan Tuhan.Maka Kuasa dari Doa seperti peluru kendali yang melintasi daerah musuh. Kuasa kegelapan akan dihancurkan.Anda punya kuasa untuk mengusir setan,menyembuhkan orang sakit, membawa hadirat kerajaan Allah dimuka bumi.Anda siap menjadi pengubah sejarah.Karena sejarah milik para pendoa syafaat yang diurapi Roh Kudus.

Tugas : Homiletika Bible Leadership school
Nama: Samuel David Immanuel
Web: Http://Indonesia99.Blogspot.com
Email: Indonesia99@gmail.com

No comments: